Sering salah beli shade foundation? Yuk, kenali dulu warna undertone kamu!

Sering ga sih kalian merasa ga cocok menggunakan beberapa warna tertentu? Atau sering ga kalian merasa salah dalam memilih shade foundation?

Well guys, sebenernya memang ga semua warna atau shade kosmetik akan terlihat bagus kalau dipakai. Karena masing-masing dari kita memiliki yang namanya ‘undertone’

apa sih undertone? 

Bedanya apa sama skin tone?


Okay, di postingan blog aku yang sekarang aku bakal bahas tuntas seputar undertone.
First, aku mau start dari perbedaan antara undertone dan surface tone (warna kulit terluar). undertone itu adalah warna yang tidak nampak secara jelas kalau diperhatikan dari luar, jadi undertone itu kayak warna di dalam permukaan kulit kamu. Biasanya akan terlihat jelas pas kamu lagi kena cahaya matahari. Sedangkan surface tone itu ya warna kulit kamu yang bisa dilihat secara jelas, apakah kamu putih, kuning langsat, sawo matang atau deep tan.

Untuk undertone sendiri terbagi menjadi 3 yaitu, cool undertone (kemerahan, kebiruan atau pink), warm undertone (kekuningan, golden atau peachy) dan neutral (gabungan antara cool dan warm undertone).


Ga semua yang punya kulit putih adalah cool undertone dan ga semua yang punya kulit sawo matang atau tan adalah warm undertone. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar memperhatikan undertone kamu. Disini aku bakal kasih beberapa cara untuk bisa mengecek apa sih undertone kamu?

1. Tes urat nadi

coba kamu berdiri di tempat yang terkena sinar matahari, arahkan bagian lengan kamu ke arah cahaya matahari kemudian kamu perhatikan warna urat nadi kamu. Kalau warna urat nadi kamu mostly adalah hijau berarti undertone kamu adalah warm tapi, apabila mostly urat nadi kamu berwarna biru itu artinya kamu cool undertone. Kalau misalkan urat nadi kamu berada diantara keduanya (both of blue and green) berarti kamu punya undertone neutral.



2. tes warna perhiasan

coba kamu perhatikan, dengan warna perhiasan apa kamu terlihat paling baik? Apakah silver atau gold?  Coba kamu cek mana yang lebih baik dari kedua warna perhiasan tersebut di bawah sinar matahari. Untuk cool undertone, biasanya mereka akan terlihat lebih cerah apabila memakai perhiasan dengan warna silver, sedangkan untuk warm undertone biasanya mereka akan terlihat lebih cerah apabila menggunakan perhiasan dengan warna gold.

3. Tes matahari

kalau kamu pergi ke pantai, coba kamu perhatikan perubahan warna kulit kamu saat terbakar matahari. Apakah kamu dengan tipe yang burn easily atau perubahannya langsung ke arah tanned skin. Kalau saat terbakar matahari kulit kamu cenderung memerah telebih dahulu baru kemudian menggelap, kemungkinan kamu adalah pemilik cool undertone. Tapi, apabila kulit kamu langsung berubah ke arah tan kemungkinan besar kamu adalah pemilik warm undertone

Nah, kalau kamu udah bisa menentukan apa undertone kamu dengan cara – cara di atas, sekarang adalah saatnya kamu mencari tau shade atau warna apa yang paling sesuai untuk undertone kamu!
Untuk kamu yang punya cool undertone, foundation dengan shade pink-based biasanya adalah shade yang pas untuk kamu. Sedangkan bagi kamu yang memiliki warm undertone, kamu disarankan untuk memilih shade yang cenderung ke arah yellow, golden atau peach based shade dan untuk kamu yang memilik neutral undertone kamu bisa lebih bebas untuk memilih shade tanpa khawatir, karena hampir semua shade bisa terlihat match pada neutral undertone.



That's all guys! Semoga postingan ini bisa sedikit membantu kebingungan kalian dalam memilih shade foundation ya! :p

1 komentar:

  1. Nice tiiips fiiim..bisa dipraktekin waktu cari shade foundation niih

    BalasHapus

Blogroll

Blogger templates

About

visitors

AmazingCounters.com